My Por'tika'folio

Thursday, July 14, 2022

 Hai!

 

Assalamu'alaikum

It's been a long looooong time no post, seperti biasa keingetan untuk posting sesuatu disini karena bill website sudah muncul πŸ˜‚ since I don't want my ww.atikagunardho.com gone jadi mari kita membahas sesuatu. 

Lately, I've been busy working from 7 to 5 (more sih.....), pekerjaan kantoran saya ini sedang sangat tidak efektif dan tidak efisien, much pressure and rushing something that actually isn't ready, sebenarnya lebih banyak lagi keluhan tentang kantor tapi mari kita skip, karena disini saya membahas hal yang lebih enak dibahas. Sebenarnya postingan ini sangat mirip dengan Curriculum Vitae πŸ˜‚tapi bukan, ini Portofolio pekerjaan saya diluar kerjaan kantoran, saya sebut Portikafolio.

Mungkin sebagian heran, "Mbak tika ini kok kerja mulu, jadi kerja aslinya apaan ya?" Anyway, kerja berpenghasilan tetapnya sekarang ya yang kantoran itu tapi saya nggak bisa sebutin kerja dimana ya (I've already sign an annual disclosure to not post anything related to work, jadi mari jaga privasi kerjaan saya ya)

Selain sibuk kerja kantoran, saya mengajar Program PKPPS (Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah) every weekend  di Pondok Pesantren Salaf milik Mbah saya, as English Teacher ya walaupun bahasa masih level cetek sih, and as you guys know dunia design dan editing sudah sedari dulu saya sukai, jadi untuk media sosial Pondok saya dan sepupu-sepupu yang mengawal dan menggarapnya, dalam beberapa waktu ini juga disibukkan mem-branding Pondok, 

 


branding Pondok Pesantren ini ternyata complicated, ada culture yang sudah kuat banget banyak hal yang harus dibahas, ya karena masuknya ke dunia akademis dan religius juga ya, oh iya...tolong ya, saya bahasakan disini branding bukan marketing it's totally different, karena masih banyak yang salah paham dengan istilah branding dan marketing. Branding = Soul, Marketing = Impact. Tapi, memang kalau mau memasarkan sesuatu kita harus buat branding yang bagus dulu kan? 

Next, saya dan Sulma mempunyai satu media mengaji online berbasis kitab kuning salaf, namanya Nyantri Kilat, kami aktif di Instagram, project dadakan cerita selanjutnya ada di postingan sendiri ya, project tahunannya ada di bulan Ramadhan, dalam bulan Ramadhan kita mengadakan ngaji online via Zoom, jangka waktu mengaji dari 2 Ramadhan hingga 25 Ramadhan, alhamdulillah 2 tahun ini kita sudah membuat 4 project mengaji, 2 project Ramadhan 2 project takhasus (ngaji tematik) setiap project alhamdulillah at least 50 orang yang ikut, sungguh ini buat saya dan Sulma adalah project yang luar biasa, bagaimana nggak...buka project sekalian ikut ngaji juga kitanya. Untuk yang penasaran apa sih role saya di Nyantri Kilat? Iya, saya sebagai team branding, team content, team marketing, kadang juga ikutan mikir apa yang perlu diajarkan dan siapa yang perlu mengajar, Sulma sebagai Ibu Kurikulum dari pengajar dan kitab beliau yang cari. Tidak, Nyantri Kilat saya rasa belum bisa jika harus dipegang saya sendiri atau Sulma sendiri, karena bukan maqam saya keahlian Sulma, dan begitupun Sulma mengakuinya bahwa branding-marketing-bergerak mencari masa untuk mengaji adalah bukan kesukaannya.



 

Ada lagi nggak? Ada, anak saya si Jayeeda, memang paling terpojokkan karena saya as owner, admin, branding, marketing, dan segala macem job desk online shop masih di satu orang πŸ˜‚ Lumayan keteteran, padahal fotografer sudah pasti di pegang adek juga, tapi masih mau pingsan aja rasanya kalau ngurus Jayeeda. Jayeeda adalah brand fashion modest yang koleksinya simple-chic-basic jadi bisa digunakan di berbagai event mau itu formal atau casual. Mostly, design pakaiannya adalah pakaian yang sedang ingin saya miliki, iya...apa yang saya jual di Jayeeda adalah isi lemari saya πŸ˜‚ Jadi, jika pertanyaan kalian "Spill baju atau beli baju dimana?" jawaban saya tuh gampang, itu dari Jayeeda πŸ˜† 


 

Semua kegiatan yang saya sebutkan diatas kebanyakan menggunakan keahlian saya dibidang design atau editing, software yang selalu saya pakai ketika kerja Photoshop, Ai, dan Canva, untuk video saya suka menggunakan Premiere Pro. Yes, saya mengedit video juga, beberapa hasil kerjaan edit saya sudah saya post di youtube pribadi saya.


Jika kalian membaca kegiatanku dan terheran-heran, apa nggak capek? Capek. Apa nggak lelah? Lelah. But am happy, I found that design and editing atau creating something yang sesuai keinginan atau plan saya tuh membahagiakan, jadi prosesnya memang melelahkan, tapi saya nya enjoy...gimana dah. 

Nulis postingan ini buat apa? Sebenarnya, mau buat thread or Portofolio yang mudah dan enak dilihat tapi ya karena aku suka dongeng, endingnya malah jadi cerita πŸ˜‚ 

Next question....Apakah saya open comission untuk social media specialist/content creator/video editor? Jawabannya iya....tapi nanti kalau saya sudah resign kerja kantoran ya πŸ˜‚ Ada terms and conditionnya juga, kedepannya akan merapihkan portofolio kerjaan sendiri.

Selagi masih muda dan masih single, harapan saya tuh cuma satu menggunakan waktu sebaik mungkin, bukan hanya hari ke hari tapi jam bahkan menit ke menit kalau bisa kita gunakan waktunya sebaik mungkin, sebelum married (bukan berarti married jadi penghalang) hanya saja married artinya kita punya komitmen dan bukan hanya tentang diri kita sendiri kan? 

Jadi yuk pemudi pemuda, kita gunakan waktu sebijak mungkin 😊 haha

 

Thankyou,

 

Wassalamu'alaikum


You Might Also Like

0 komentar

Berkomentarlah selagi ada lahan untuk menampung :)

Subscribe